Laman

Sabtu, 08 Oktober 2011

Seminar Nasional Kimia 2011

Persaingan global dewasa ini telah memunculkan tantangan dan permasalahan yang mesti dihadapi dan disikapi secara bersama. Pendidikan berkualitas, pembangunan berkelanjutan, pengembangan IPTEKS, kesehatan, sumber daya manusia, lingkungan hidup dan sebagainya adalah merupakan contoh permasalahan yang harus dihadapi. Masalah-masalah tersebut hanya dapat diatasi dengan solusi yang berbasis pengetahuan (knowledge based solution).
Solusi berbasis pengetahuan ini membutuhkan terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan bersaing mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan dengan mengedepankan pentingnya pengetahuan (knowledge) merupakan pendorong utama bagi pertumbuhan suatu bangsa
            Pendidikan berkualitas merupakan pilar penting dalam peningkatan kualitas manusia serta peningkatan daya saing bangsa. Dalam Peraturan Presiden RI No. 7 Tahun 2005, tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah (RPJM), dinyatakan bahwa Pembangunan Pendidikan Nasional hendaknya mampu mewujudkan tiga pilar pendidikan, yaitu : (1) pemerataan kesempatan dan perluasan akses pendidikan; (2) peningkatan mutu dan relevansi pendidikan; (3) tata kelola dan efisiensi  manajemen pendidikan. Dengan tiga pilar pendidikan ini diharapkan kita dapat menghadapi tantangan perubahan baik pada tataran lokal, nasional maupun global.
      Dalam upaya mendapatkan sumber daya manusia berkualitas, berdaya-saing serta pencapaian 3 (tiga) pilar pembangunan pendidikan, terutama peningkatan mutu dan relevansi pendidikan serta mempublikasikan hasil-hasil penelitian, maka perlu dilakukan kegiatan-kegiatan ilmiah bertaraf lokal, nasional maupun global. Sehubungan dengan hal ini, maka Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura terpanggil untuk menyelenggarakan Seminar Nasional Kimia 2011 dengan tema “ Penerapan Ilmu Kimia Dalam Menjawab Tantangan Pembangunan Nasional ”. Seminar nasional yang akan berlangsung di Kota Ambon pada tanggal 27-28 Nopember 2011, akan mengakomodasi seluruh kepentingan peneliti, dosen, guru, mahasiswa, dan pemerhati yang peduli terhadap pengembangan pendidikan / penelitian di bidang kimia dan sains di Indonesia. Kegiatan bertaraf nasional ini akan menghadirkan beberapa Pembicara dengan latar belakang sebagai akademisi dan peneliti dari beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.
Pembicara Utama :
Muhamad Abdulkadir Martoprawiro, Phd (Ketua Himpunan Kimia Indonesia / ITB)
       Topik          :    Arah dan Perkembangan Riset Kimia Di Indonesia
Pembicara Tamu :
1.         Prof. Dr. Jumina (UGM – Yogyakarta)
Topik   : Pemanfaatan Hasil-Hasil Sintesis Kimia Bahan Alam
2.         Prof. Dr. Sukardjo (UNY – Yogyakarta)
Topik   : Pengembangan Asessment dalam Pembelajaran

3.         Prof. Dr. H.J. Sohiliat, MS (Unpatti - Ambon)
       Topik   : Fenomena Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari 

3.       Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd (Unpatti - Ambon)
 
Topik   : Inovasi dalam Pembelajaran


Oral Presentasi dan Poster
Seminar nasional ini mengakomodasi kepentingan para dosen, peneliti dan guru yang ingin melakukan Oral (Oral Presentation) dan Poster (Poster Presentation) dengan topik Kimia, Pendidikan Kimia, dan Sains.
            
Peserta
Seminar nasional ini terdiri dari para dosen, peneliti, guru, dan mahasiswa dari berbagai daerah (dalam / luar provinsi).

Download:
Brosur Seminar Kimia Nasional 2011 (Update 8/10/2011)